Cara Masuk Recovery Dan Fastboot Mode Zenfone Max Pro M2 (ZB631KL)

Zenfone mania kali ini mimin akan berbagi tips sederhana bagaimana cara masuk mode recovery dan mode fastboot untuk ponsel zenfone max pro m2 dimana kedua mode diatas sangat penting keberadaannya khususnya untuk para opreker android dan sebelum kita masuk kepada tutorial cara masuk recovery dan fastboot mode ada baiknya kita sedikit mengenal tentang manfaat dari fastboot dan recovery mode pada ponsel asus zenfone max pro m2 ini.

Fastboot Mode
hampir semua ponsel android tentu akan mempunyai mode fastboot ini dimana fastboot ini adalah sebuah tool yang tertanam pada android yang bisa digunakan untuk melakukan pastisi device, instal firmaware lewat perintah pada cmd di pc atau bisa juga menggunakan fastboot mode dengan terminal emulator pada ponsel android.

Kegunaan dan Fungsi Dari Fastboot
banayak hal yang bisa kita lakukan jika ponsel kita bisa mengakses fastboot secara total, kenapa saya bilang secara total karena untuk sekarang mulai ngetren para produsen ponsel mengunci bootloadernya sehingga fungsi dari fastboot akan terbatasi yang tadinya fastboot bisa untuk pasang custom recovery dan untuk masuk mode edl jika bootloader terkunci maka fungsi tersebut jadi tidak bisa dilakukan. Dan berikut ini Beberapa Fungsi yang sering mimin pake dari Fastboot Mode.
  • Reboot System : kegunaan pertama untuk fastboot ini bisa kita gunakan untuk melakukan reboot sytem atau reboot ponsel tanpa tombol navigasi bisa lewat emulator atau lewat perintah komputer lewat CMD dengan perintah fastboot reboot.
  • Flashing Rom : mode fastboot juga bisa digunakan untuk melakukan flasing os secara manual atau dengan tool khusus tergantung ponsel seperti tool miflashtool untuk xiaomi dan lain lainnya.
  • Flashing Recovery : mode recovery ini bisa diupdate dengan fastboot 
  • UBL : melakukan ubl atau unlcok bootloader bisa digunakan lewat fastboot seperti proses ubl xiaomi, dan sony ini menggunakan mode fastboot dan hampir seluruh ponsel proses ubl lewat fastboot mode kecuali ponsel sony yang menggunakan mode download.

Recovery Mode.
Mode ini hampir mirip dengan mode fastboot namun mode ini lebih familiar dibanding mode fastboot karean user android sering munggunakan mode ini untuk melakukan reset ponsel update ota dan lain lain dimana mode recovery ini hampir seperti namanya adalah mode penyembuhan atau merecover atau menyembuhkan ponsel dari kondisi penyakit yang menyerang baik penyakit yang ringan hingga yang mudah namun selain itu ada beberapa manfaat dari mode recovery yang perlu agan simak dibawah ini beberapa kegunaan dan fungsi dari recovery secara lengkap.

Fungsi Dan Manfaat Dari Recovery Mode Android
diantara manfaat dan kegunaan dari recovery mode ini saya rangkum secara singkat dibawah ini dan berikut ini detailnya;
  1. Reset/Hapus Data : recovery mode ini bisa kita manfaatkan untuk melakukan reset dan secara keseluruhan lewat recovery mode
  2. Update System : mode recovery juga bisa dijadikan alternatif untuk melakukan proses flashing pada ponsel android tertentu.
  3. Instal Recovery Custom : recovery mode juga bisa dipakai untuk udate twrp atau mengganti recovery mode official menjadi recovery on official dengan twrp recovery.
  4. Recovery mode untuk reboot system mode recovery ini juga bisa dipakai untuk masuk ke menu sytem seperti biasa atau bisa juga dipakai untuk mematikan ponsel dengan menu power off pada mode tersebut.
  5. Recovery Mode untuk Backup dan Restore ponsel mode recovery yang bawaan mungkin tidak bisa digunakan untuk backup dan restore namun jika anda sudah mengganti recovery ori menjadi custom recovery seperti TWRP maka ponsel agan bisa dibackup dan di restore sesuka hati jadi jika terjadi error bisa di pulihkan kembali.

Cara Masuk Recovery dan Fastboot Mode Asus Zenfone Max Pro M2 ZB631KL.
untuk masuk kedalam mode fastboot atau recovery tentu ada beberapa cara bisa dipanggil lewat komputer lewat adb mode atau bisa juga lewat manual dengan kombinasi tombol fisik antara power +tombol voluem atas+tombol volume bawah.

Cara Masuk Mode Recovery Asus Zenfone Max Pro M2.
Pertama matikan dulu ponsel diamkan dulu 30 detik
Lalu tahan volume Bawah + Power Secara bersamaan
Kalau ponsel sudah bergetar lepas tombol power dan volume bawah masih terus ditahan
Maka ponsel akan masuk ke recovery mode kalau masih belum berarti timing belum pas silahkan dicoba lagi.

Cara Masuk Mode Fastbot Asus Zenfone Max Pro M2.
Matikan Ponsel biarkan 30 detik
Jika ponsel sudah mati tahan volume atas+Power secara bersamaan
setelah getar dan masuk logo lepas tombol power dan biarkan ponsel masuk ke mode fastboot
Selesai.

Demikianlah tutorial cara masuk fastboot dan recovery mode untuk posnel asus zenfone max pro m2 secara manual dengan tombol fisik dan lewat komputer dengan menmanfaatkan cmd dengan adb. semoga agan terbantu dengan postingan sederhana ini.