Tutorial Downgrade Asus Zenfone 3 Max Zc553KL

Asus Zenfone 3 Max zc553kl agan sudah diupdate ke os terbaru oreo? kalau sudah berarti selamat gan sudah mencicipi os terbaru dari asus untuk ponsel zenfone 3 max tersebut karena secara tampilan dan fitur fitur untuk oreo ini lebih bagus dengan tampilan yang lebih bening dan elegan oreo pada zenfone 3 max ini menurut saya lebih ringan dan sebih ramah batre dan tampilan juga semakin enak dengan latar putih yang bikin mata ini serasa segar memainkan ponsel ini.

Namun yang jadi ane ternyata tidak semua orang bisa merasakan os oreo ini apalagi ponsel asus zenfone 3 max yang belinya sudah lama ntah karean sudah root jadi susah dapat update ota atau sekalipun bisa dipasang oreo pada ponsel zenfone 3 max zc553kl ini ada sebagian orang yang mengalami bug bug yang sangat menggangu dari mulai layar yang tiba tiba redukp sendiri padahal settingan kontrol cahaya auto di matikan, ada juga sebagian orang yang mengalami bug pada fingerprint yang tidak bisa disentuh atau susah untuk setting pingerprint.

Maka jika ponsel anda tidak cocok dengan update oreo pada zenfone 3 max maka solusi yang paling jitu adalah dengan cara melakukan downgrade atau penurunan OS ke system lawan baik menggunakan system android nougat atau system android mm atau marshmallow. Untuk itu bagi agan yang tidak mau dipusingkan dengan bug bug dari os oreo Zenfone ZC553KL ini sebagiknya ikuti step By step dibawah ini :

Cara Downgrade Firmware Asus Zenfone 3 Max

  1. Pertama agan download dulu firmware nougat dari web resmi di https://www.asus.com/id/Phone/ZenFone-3-Max-ZC553KL/HelpDesk_BIOS/
  2. Salin link diatas lalu paste di url browser agan bisa di chorm atau browser lainnya
  3. Kemudian Download dan simpan pada komputer atau sdcard
  4. kemudian salin firmware yang disdcard atau komputer pada internal memory diluar folder ya jadi simpan saja diluar internal memory 
  5. Kemudian restar ponsel maka pada navigasi bar agan muncul peringatan pembaruan system klik saja
  6. Dan biasanya update akan langsung berjalan jika batre ponsel lebih dari 20% jadi sebelum proses update sebaiknya isi dulu daya batre hingga 50% biar proses update lancar tanpa terganggu oleh daya yang lemah.
  7. Biarkan proses berjalan dan membutuhkan waktu yang cukup lama bisa memakan waktu 10 hingga 15 menitan 
  8. Kalau sudah maka ponsel akan nyala dengan normal jangan panic jika pada bootanimasi pertama akan lama itu wajar ya bukan bootloop.
  9. Selesai


Demikianlah tutorial cara downgrade dari ore ke nougat untuk asus zenfone 3 max 5.5 inchi, selamat mencoba dan semoga sukses ya sob mudah mudahan bermanfaat bagi agan pengguna zenfone 3 max.